Setelah melaunching Nomor Panggilan Darurat 112 pada tanggal 15 Oktober 2019, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda kembali menggelar sosialisasi NPD 112 ke Kecamatan -  Kecamatan se Kota Samarinda.

Dengan adanya aplikasi Panic Button dan panggilan darurat 112 diharapkan mampu memudahkan masyarakat dalam kondisi darurat, kata Wakil Walikota Samarinda M Barkati saat menghadiri Sosialisasi Panic Button dan Panggilan Darurat 112 di Kecamatan Samarinda Ilir, Senin (10/12).

Kegiatan sosialisasi NPD 112 tersebut dihadiri Kepala Diskominfo Kota Samarinda Aji Syarif Hidayatullah, Camat Samarinda Ilir Ramdani, lurah se - Kecamatan Samarinda Ilir, para Ketua RT serta Unsur dari Danramil dan Polsekta Samarinda Ilir. Barkati dalam sambutannya menjelaskan, sosialisasi ini dilakukan agar masyarakat bisa lebih mengenal apa itu Panic Button dan panggilan Darurat 112.


"Demi memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam pelaporan kondisi darurat dan memangkas birokrasi, maka dirasa perlu untuk lebih mengenalkan penggunaan Panic Button dan Panggilan Darurat 112," jelas Barkati. Orang nomor dua di Kota Samarinda ini melanjutkan panggilan darurat 112 tersebut tidak hanya untuk bencana saja. Menurutnya warga yang kesulitan mengevakuasi binatang pelharaannya dan sesuatu yang mencurigakan hingga dirasa dapat menimbulkan bahaya, warga bisa langsung menelpon 112 tanpa ada biaya.


"Oleh sebab itu, penggunaan nomor panggilan darurat 112 diharapkan mampu memudahkan masyarakat melakukan pelaporan kondisi darurat, sekaligus mempercepat penanganan kondisi darurat oleh satuan terkait," ujar Barkati. Hal senada juga diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Aji Syarif Hidayatullah, sosialisasi dilakukan demi kemudahan masyarakat untuk melayani dalam situasi darurat seperti bencana, kebakaran, pertolongan medis, keamanan dan keadaan darurat lainnya.


"Panic Button dan panggilan darurat 112 ini baru launching bulan Oktober lalu oleh Wali Kota, selama 1 bulan program ini dioperasikan nomor panggilan ini sudah menerima 58.131 panggilan," ungkap Dayat, begitu kerap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ini disapa.


Sementara itu Camat Samarinda Ilir Ramdani mengatakan sangat mendukung program yang diluncurkan oleh Dinas Kominfo tersebut, lantaran dirasa sangat positif dan bermanfaat, untuk memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat luas khususnya masyarakat Kota Samarinda.


Selamat datang di Website Resmi Kecamatan Samarinda Ilir
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KECAMATAN SAMARINDA ILIR KOTA SAMARINDA