SAMARINDA - Pemerintah  Kecamatan Samarinda Ilir bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda melaksanakan sosialisasi pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) kepada kelompok masyarakat di Kecamatan Samarinda Ilir pada Rabu (9/10/2019) di Aula Kecamatan Samarinda Ilir.

Kegiatan ini tersebut dihadiri oleh Camat Samarinda Ilir, Kepala Bidang Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi Diskominfo Samarinda, serta Sekretaris Kecamatan Samarinda Ilir dengan narasumber Dr. Lilik Rukitasari, MH dari Komisi Informasi Provinsi Kaltim. Adapun Peserta sosialisasi terdiri dari Lurah beserta pengurus/anggota kelompok masyarakat di wilayah Kecamatan Samarinda Ilir seperti LPM, PKK, Karang Taruna, Posyandu, Dasawisma, Kampung KB, BKMT, DMI, HIMPAUDI, KLA, dan UPPKS.

Kegiatan dibuka lansung oleh Camat Samarinda Ilir, Ramdani.  Dalam sambutannya Ramdani mengatakan KIM sangat dibutuhkan dalam menyampaikan informasi terutama dalam menyampaikan informasi yang positif bagi masyarakat. artinya KIM yang dibentuk oleh masyarakat harus dapat berguna juga bagi masyarakat.

“ KIM merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam menyampaikan informasi tentang perkembangan dan pembangunan Kota Samarinda. Diharapkan melalui sosialisasi ini masyarakat Kecamatan Samarinda Ilir wawasannya dapat lebih berkembang dan memahami apa yang dimaksud dengan KIM dan KIP serta dapat segera membentuk kelompok-kelompok di lingkungannya masing-masing sehingga memberikan manfaat dan dukungan yang positif bagi pembangunan di Kota Samarinda”, ujar Ramdani.

Sebelumnya Kepala Bidang Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi Diskominfo Kota Samarinda Syamsul Anwar dalam laporannya menyampaikan KIM dibentuk dengan maksud mewujudkan masyarakat yang aktif dan peka akan informasi, serta menciptakan jaringan informasi media komunikasi dua arah dengan menghubungkan satu kelompok masyarakat dengan kelompok lainnya agar bisa saling memberdayakan, salah satunya dalam mengumpulkan, mengelola dan menyebarkan informasi.

“ Melalui KIM sebagai penyampai informasi dan penyalur aspirasi, masyarakat dapat berdaya, mandiri dan mampu mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat. Masyarakat diberdayakan guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk kepentingannya sendiri dan untuk kepentingan kebijakan pemerintah dalam melanjutkan informasi pembangunan agar tidak terjadi kesenjangan informasi”, jelasnya.

Sekretaris Kecamatan Samarinda Ilir Fiona Citrayani yang juga sebagai narasumber mengatakan bahwa pembentukan KIM di Kecamatan Samarinda Ilir merupakan bagian dari implementasi Program SEMILIR (Sistem Aspirasi dan Layanan Informasi Samarinda Ilir) yang digagas dan dicanangkan oleh Pemerintah Kecamatan Samarinda ilir.

Fiona menjelaskan bahwa SEMILIR merupakan sistem terpadu untuk meningkatkan kualitas pengelolaan layanan informasi dan aspirasi masyarakat di Kecamatan Samarinda Ilir melalui penyediaan fasilitas pendukung di Kecamatan dengan membentuk Pojok Aspirasi dan Informasi (Pojok Asri); memanfaatkan IT dalam pengelolaan layanan informasi dan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) dengan mengembangkan aplikasi berbasis web; dan Menjalin kemitraan dalam rangka diseminasi informasi melalui pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kecamatan.

“KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) adalah kelompok yang dibentuk oleh, dari, dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif yang aktivitasnya melakukan kegiatan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah. Peran KIM dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat sangat membantu kepada pemerintah kelurahan sehingga informasi – informasi yang ada di kelurahan dapat segera di ketahui oleh masyarakat dan pihak kelurahan pun dapat segera mengetahui masukan – masukan atau harapan – harapan dari masyarakat untuk ditindaklanjuti”, ujarnya.

“Sosialisasi pada hari ini merupakan tahap awal dalam dalam proses pembentukan KIM di Kecamatan Samarinda Ilir. Untuk di tingkat Kecamatan akan segera dibentuk Forum Komunikasi KIM dan diharapkan selepas pelaksanaan sosialisasi para peserta yang ada dapat menindaklanjutinya dengan mengadakan pertemuan untuk membicarakan pembentukan kelompok informasi masyarakat yang disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di wilayah kelurahan masing-masing.”, tutupnya.

Selamat datang di Website Resmi Kecamatan Samarinda Ilir
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KECAMATAN SAMARINDA ILIR KOTA SAMARINDA